Tuesday, December 4, 2018

Cara Mudah Mengatasi Layar Android yang Bergaris


Meskipun tidak mengalami retak, layar bisa saja menampilkan bentuk bergaris. Layar bergaris ini bisa dalam tampilan vertikal atau horizontal. Penyebabnya cukup beragam. Mulai dari jatuh, terkena air, hingga kesalahan setting. Layar bergaris cukup mengganggu.

Terlebih jika terdapat di bagian tengah. Bisa jadi jika terlambat penanganannya, layar akan lebih parah kondisinya dan sulit ditangani lebih lanjut. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan beberapa cara mudah sebelum ke service center.

Memang datang ke service center adalah opsi yang tepat. Namun selagi masih bisa melakukan pertolongan pertama, setidaknya kita berusaha untuk meminimalisir kerusakan dan menghemat biaya service.

Terlebih jika proses perbaikan mandiri ternyata berhasil sepenuhnya. Kita pun tidak perlu lagi membawanya ke service center. Nah, berikut ini ulasan lebih lanjut untuk berbagai cara mudah dalam mengatasi layar bergaris yang bisa anda coba berikut ini.

Cara Mengatasi Layar Bergaris

  1. Perbaiki melalui Setting Developers Option

Semua jenis perangkat android memiliki fitur Developers Options. Anda mesti mengaktifkan fitur tersebut untuk menerapkannya. Tujuannya agar tampilan layar lebih bersih dan mengurangi berbagai masalah lain pada tampilan. Tekan Setting kemudian pilih opsi About Phone.

Tekan Build Number sebanyak 7 kali secara cepat. Tekan sampai muncul opsi Developer Options. Gulir ke bawah dan cari Show Pointer Location. Matikan dengan menekan tombol centang. Layar bergaris pun akan normal kembali.

  1. Matikan atau reboot smartphone

Cobalah istirahatkan ponsel untuk beberapa saat. Tujuannya agar sistem smartphone fresh lagi. Tampilan layar yang bergaris pun akan hilang dengan sistem yang kembali segar. Matikan perangkat android. Lepas perangkat seperti SIM dan SD Card.

Jika baterainya removable, anda bisa melepas baterai tersebut. Diamkan beberapa saat dan pasang semua perangkat lagi. Hidupkan smartphone lagi. Jika berhasil berarti penyebabnya karena konflik ketika cutom ROM.

  1. Factory reset

Layar bergaris bisa disebabkan karena sistem mengalami error atau terjadi kesalahan dalam setting yang tidak diketahui. Jika dua poin diatas tidak membantu, cobalah lakukan factory reset. Tujuannya untuk mengembalikan semua pengaturan ke fungsi semula. Backup data sebelum melakukan factory reset agar anda tidak kehilangan data penting ketika proses berjalan.

  1. Tangani lebih lanjut ke service center

Tampilan layar bergaris bisa disebabkan karena smartphone pernah jatuh. Kemungkinan karena jatuh, panel layar mengalami error dan menyebabkan kerusakan sistem.

Jika penanganan di poin pertama sampai ketiga tidak berhasil, cobalah tangani lebih lanjut ke service center. Pastikan bawa ke service center resmi untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Nah itu dia sejumlah cara mengatasi layar android yang bergaris. Selamat mencoba dan semoga menambah informasi untuk anda.

0 comments:

Post a Comment