Wednesday, December 5, 2018

Tips Raup Banyak Untung Saat Mengikuti Bazar


Biasanya untuk memperingati sebuah momen atau melengkapi even tertentu, bazar kerap diselenggarakan. Selain sebagai pemeriah suasana, adanya bazar juga bertujuan menarik banyak pengunjung dan turut mensukseskan acara intinya.

Dari banyaknya potensi pengunjung yang datang, mengikuti bazar tentu menjadi cara menyenangkan untuk promosi. Jika anda masih merintis usaha, ingin memperkenalkan usaha ke khalayak lebih luas, mengikuti bazar adalah ide yang tepat.


Namun karena anda mesti mengeluarkan modal untuk sewa stand, segala perhitungan dari segi prospek pengunjung, strategi dalam menjual barang, dsb mesti anda cermati. Jangan sampai budget yang digelontorkan untuk sewa stand sia-sia sebab anda tidak bisa menarik banyak pengunjung dan menjual barang. Maka dari itu walaupun potensi pengunjungnya banyak, kita tetap harus tahu bagaimana meraup untung banyak ketika mengikuti bazar. Berikut ini ulasan tips selengkapnya untuk anda.

Tips Meraup Banyak Untung Saat Bazar



  1. Cek lokasi dan penyelenggara
Pertama-tama cek lokasi dan penyelenggara dulu. Pastikan bazar yang anda ikuti berada di tempat yang strategis. Misalnya alun-alun, area dekat pusat perbelanjaan, spot berkumpul banyak orang, dsb. Selain itu nilai juga bagaimana track record penyelenggaranya. Bandingkan biaya sewa stand dengan lokasi, penyelenggara, hingga hari dimana bazar berada. Dengan demikian kita bisa menilai bagaimana prospek pengunjung yang datang ke bazar.

  1. Sesuaikan barang jualan
Setelah cek lokasi dan penyelenggara, cobalah amati apa tema bazar tersebut, bagaimana pangsa pasar, dan berbagai aspek lainnya. Hal tersebut sangat berpengaruh untuk menentukan jenis barang apa yang akan dijual. Jika pangsa pasarnya tepat maka jualan akan berpotensi laris. Misalnya jika usaha Anda adalah kuliner, jangan ikuti bazar mainan atau otomotif. Karena jika jenis barang yang dijual tidak sesuai dengan pangsa pasar bazar, tema acara, dsb, anda hanya akan menjadi pelengkap stand saja dengan prospek yang sangat minim.

  1. Jangan jual dengan harga tinggi
Kebanyakan orang yang mengikuti bazar berpikir untuk menjual barang dengan harga tinggi. Alasannya untuk menutup biaya sewa stand. Namun anggapan tersebut keliru. Sebab pengunjung bazar biasanya tidak membawa uang banyak. Selain itu mindset kebanyakan pengunjung adalah harga lebih murah ketika di bazar. Maka cobalah jual barang dengan harga lebih miring. Anda pun bisa bersaing dengan stand lain dari segi harga.

  1. Buatlah promo menarik
Banyak orang yang berpikir bahwa bazar adalah tempat untuk mencari barang dengan harga lebih murah. Manfaatkan mindset tersebut dengan membuat promo menarik. jangan pikirkan keuntungan terlebih dulu. pikirkan bagaimana bisa menjual barang di tengah banyak pengunjung namun disisi lain banyak pesaing di sekitar. Maka buatlah promo yang sangat menarik dan berbeda dari stand lain. Semakin menarik promo, maka semakin banyak prospek yang datang ke stand anda.

  1. Agresif saat berjualan
Banyaknya orang yang datang ke bazar jangan sampai anda biarkan begitu saja. cobalah lebih agresif dalam menyapa orang yang lewat, mengajak mereka datang ke stand dan berikan penawaran menarik. agresif disini bukan berarti memaksa. Namun lebih aktif dan bersemangat. Dengan cara tersebut, peluang besar yang ada di bazar bisa anda manfaatkan. Selain itu anda pun tidak akan kehilangan kesempatan dalam menjual barang jika awalnya sudah bersemangat.

Demikian beberapa tips yang bisa anda coba untuk mendapatkan untung besar ketika ikut bazar. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment